Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan Desa Bajang Kecamatan Pakong 2016

Pelaksanaan Kegiatan:  Hari Sabtu, Tanggal 03 September 2016
Waktu Pelaksanaan:  07.00 WIB – selesai
Tempat:  Desa Bajang Kecamatan Pakong
Bentuk Kegiatan:

  • Sosialisasi dan demo masak olahan ikan dikemas dalam bentuk talk show
  • Hiburan dan pembagian Doorprize
  • Pemilihan menu favorit bahan olahan ikan oleh peserta

Sasaran:

  1. Siswa/i Sekolah Dasar Desa Bajang Sebanyak 120 peserta
  2. Ibu – ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa sebanyak 35 peserta

Narasumber :Ahli Gizi Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan

Kegiatan membudayakan Makan Ikan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, Tanggal 03 September 2016 merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikutsertakan dalam dalam Program Bunga Bangsa di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Kegiatan Sosialisasi dikolaborasikan dengan demo masak olahan ikan oleh instruktur masak dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan dalam bentuk dialog interaktif atau talk show agar kegiatan lebih menarik dan mendapatkan antusiasme dari peserta. Acara dihadiri langsung oleh Ketua FORIKAN Kabupaten Pamekasan yang juga sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Pamekasan Ibu Anny Syafi’i beserta rombongan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan Ibu Ir.

Nurul Widiastuti selaku Penanggung Jawab Kegiatan. Dalam Laporannya, Ibu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan menyampaikan bahwa bahwa kegiatan Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat sesuai KEPMEN KKP no 29/men/2010 tentang pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, Perpres No.71 tahun 2015 tentang penetapan dan penyimpanan kebutuhan pokok dan barang penting, serta peraturan terbaru  “Instruksi Presiden  Nomor 7 tahun 2016” tentang Percepatan Indusri Perikanan Nasional, sehingga perlu dilaksanakan setiap tahun. Sedangkan Ibu Ketua FORIKAN memaparkan bahwa Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini sejalan dengan Program Bapak Bupati Mengajak Bangun Desa (Bunga Bangsa) dalam kaitannya untuk membentuk generasi yang sehat, cerdas dan kuat. Dalam kegiatan tersebut Ibu Anny Syafi’i juga mengharapkan  upaya peningkatan konsumsi  ikan tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas teknis, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak serta menitipkan tindak lanjut dari kegiatan tersebut kepada para guru, Tim penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan  dan Desa, serta dinas teknis yaitu, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan untuk selalu mendorong masyarakat utamanya anak-anak sekolah agar bersemangat untuk mengkonsumsi ikan.

Kegiatan utama berupa acara sosialisasi yang dikemas dalam bentuk dialog interaktif atau talk show antara Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Pembawa acara serta instruktur demo masak olahan ikan, sehingga acara lebih atraktif dan menarik. Menu ikan yang disajikan dalam demo masak ikan berupa bakso ikan, Makaroni Ikan dan kaki naga dengan bahan dasar olahan patin. Acara tersebut  juga diselingi dengan acara hiburan berupa atraksi dari masing – masing sekolah serta pembagian doorprize dan pemilihan menu olahan ikan favorit oleh peserta. Dari hasil pemilihan tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa siswa/i paling menyukai olahan makaroni ikan.

Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan
Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan

Print Friendly
Posted in Berita

Leave a Reply